Blog

Pengertian blog

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. 

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003

Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi, sampai dengan program media dan perusahaan-perusahaan. 

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. 

Blog juga memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjung menggunakan kolom komentar untuk dapat berkomentar atas isi tulisan yang dipublikasikan.

Namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Jenis-jenis blog

  1. Blog makanan 
  2. Blog perjalanan
  3. Blog kesehatan dan kebugaran
  4. Blog gaya hidup
  5. Blog mode dan kecantikan
  6. Blog fotografi
  7. Blog pribadi
  8. Blog kerajinan DIY
  9. Blog pengasuhan anak
  10. Blog musik
  11. blog bisnis
  12. Blog seni dan desain
  13. Buku dan blog menulis
  14. Blog keuangan pribadi
  15. Blog desain interior 
  16. Blog olahraga
  17. Blog berita
  18. Blog film
  19. Blog agama
  20. Blog politik

Perbedaan blog dengan website

Blog adalah salah satu jenis situs web. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa blog sering memperbarui konten dan situs web cenderung jauh lebih statis dan diatur ke dalam halaman.

Dalam hal konten, situs web memiliki “halaman” – anggap ini sebagai halaman atau bagian dalam brosur.

Halaman web dapat diurutkan ke dalam kategori yang berbeda berdasarkan kontennya. 

Misalnya, satu halaman dapat berisi beranda – informasi umum tentang organisasi. 

Halaman lain dapat berisi daftar dan deskripsi produk dan layanan. Dan halaman web lain dapat mencantumkan informasi kontak atau memiliki formulir kontak email.

Kenapa harus menulis blog

Blog adalah jalan yang bagus untuk menyampaikan ide kepada khalayak luas.
Untuk bisnis, ini adalah media terbaik untuk menyampaikan berita dan pembaruan kepada pelanggan. 

Banyak orang menggunakan blog sebagai gaya hidup atau sarana berekspresi. 

Sebagian besar waktu, blog memiliki fitur di mana pembaca dapat mengomentari kiriman dan penulis dapat merespons — menjadikannya outlet sosial bagi banyak orang juga. 

Manfaat terbaik dari blogging, baik untuk pribadi maupun bisnis, adalah bahwa ini adalah platform di mana audiens dapat belajar dan terlibat.

Blog tidak hanya menarik audiens dan menciptakan komunitas, tetapi mereka juga dapat menghasilkan banyak uang.

Cara menghasilkan uang dengan blog

Seringkali, ketika seseorang menyebut istilah 'blog', hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah jurnal pribadi atau situs web hobi. 

Meskipun ada banyak orang yang membuat blog untuk bersenang-senang, ada orang lain yang menggunakan blog untuk menghasilkan uang.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog:

Menampilkan iklan.

Cara paling populer untuk menampilkan iklan di blog adalah melalui Google Adsense.

Adsense, seperti kebanyakan program iklan, membayar setiap kali pembaca mengklik iklan yang ditempatkan di blog. 

Pemasaran afiliasi.

Cara lain untuk mendapatkan pendapatan adalah melalui pemasaran afiliasi.

Ada situs pemasaran afiliasi seperti Shopee dan Tokopedia yang membayar komisi untuk setiap produk yang dibeli dari promosi iklan di blog.

Kami menjadi afiliasi dari perangkat lunak pemasaran yang kami jual dengan mendaftar ke jaringan afiliasi mereka atau dengan menjangkau dan menjalin hubungan.

Cara lain untuk menghasilkan pendapatan dari blog adalah melalui keanggotaan dan langganan – membebankan biaya kepada anggota dengan menyediakan konten khusus anggota.

Ini adalah cara yang cukup rumit untuk menghasilkan uang dan pasti bekerja paling baik dengan produk yang sangat khusus (yang informasinya sangat sulit didapat).

Menyiapkan toko online dan menjual kursus online.