Memori Kerja dalam Psikologi

Memori kerja tentu adalah hal baru bagi orang yang baru belajar tentang Psikologi. Maka dari itu kali ini saya akan menulis artikel dengan sesederhana mungkin tentang memori kerja (working memory), mulai dari apa itu memori kerja, pembagian komponen memori kerja, hingga contoh memori kerja dalam ilmu psikologi.

Apa itu Memori Kerja?

Memori kerja (working memory) adalah sebuah memori yang mampu menyimpan informasi selama
beberapa waktu mulai hitungan menit hingga jam.

Memori kerja juga bisa berfungsi untuk memperbaharui informasi dan juga mengubah informasi yang diterima oleh otak.

Komponen Memori Kerja

Model Baddeley mengklaim bahwa memori kerja (working memory) terdiri dari tiga komponen: eksekutif pusat (central executive) dan dua subsistem, putaran fonologi (fonological loop) dan papan sketsa visuospatial (visuospatial sketcpath) (Baddeley & Hitch, 1974).

Contoh Memori Kerja

Contoh sederhan memori kerja (working memory) adalah kita akan lebih mudah mengingat peristiwa penting seperti hari pernikahan atau kelahiran anak dengan kejelasan dan detail yang jauh lebih besar.

Hal ini disebabkan oleh seberapa sering kita mengakses kenangan tersebut. Karena kenangan yang sering diakses akan menjadi jauh lebih kuat dan lebih mudah untuk diingat.

Mengakses kenangan ini berulang-ulang memperkuat jaringan saraf di mana informasi dikodekan, mengarah ke lebih mudah ingatan informasi.

Di sisi lain, kenangan yang tidak sering diingat terkadang dapat melemahkan atau bahkan hilang atau digantikan oleh informasi lain.


Share: